Perkenalan Kuliah Online


course-perkenalan-kuliah-online

Teknologi telah memberi kemudahan untuk belajar apa saja yang diinginkan. Hingga kuliah online yang saat ini mulai diminati banyak pelajar, karena dapat di akses dengan mudah. Di samping kelas tatap muka (reguler), kuliah online dan kuliah blended learning merupakan metode perkuliahan yang menjadi solusi bagi banyak orang, khususnya mereka yang memiliki aktivitas yang padat.

Walaupun menawarkan kelebihan yaitu relasi yang lebih personal antara mahasiswa dengan dosen, kuliah reguler memiliki banyak kendala teknis maupun non-teknis yang sebagian besar bisa diatasi dengan metode online dan kuliah blended learning.

Kenapa metode ini menjadi pilihan? Tentu karena metode kuliah online dan kuliah blended learning terbukti tak hanya mengatasi banyak kendala tapi juga bisa menawarkan berbagai keuntungan yang tidak didapatkan dari kuliah reguler. Berbagai keuntungan itu antara lain: fleksibilitas jadwal belajar, proses belajar yang bisa disesuaikan dengan kemampuan setiap individu, serta lebih hemat biaya.

Dalam pelaksanaannya, perkuliahan metode kuliah blended learning direncanakan dengan baik, menerapkan berbagai macam teknologi dan metode pengajaran baru untuk memastikan pengalaman dan kualitas hasil pembelajaran yang menyamai atau bahkan melebihi, kuliah konvensional tatap muka (reguler).

Teknologi atau metode pengajaran baru tersebut adalah sebagai berikut:

Komputasi di Awan

Fasilitas dan infrastruktur teknologi informasi yang dapat digunakan secara bersama-sama oleh beberapa universitas. Dengan begitu, biaya dapat ditanggung bersama untuk mengurangi biaya pendidikan.

Analisa Hasil Belajar

Penggunaan teknologi informasi untuk memonitor proses dan hasil belajar setiap individu. Setiap siswa dapat mengulang bagian yang belum mereka mengerti hingga paham sepenuhnya. Dosen dapat mengetahui keefektifan proses dan materi pengajaran untuk meningkatkan kualitas hasil belajar kuliah blended learning.

Pembelajaran Berbasis Permainan

Metode pengajaran yang menerapkan beragam bentuk "permainan" untuk meningkatkan interaksi, retensi, dan motivasi Mahasiswa untuk terus belajar dengan giat. Salah satu bentuknya adalah kompetisi untuk mendapatkan poin dari tugas dan kuis serta memberikan penghargaan untuk siswa dengan poin terbanyak.

Pembelajaran Personal

Tidak semua Mahasiswa memiliki kemampuan daya tangkap yang sama. Dengan metode kuliah online, jadwal, proses dan kecepatan mengajar dapat ditentukan sesuai dengan kebutuhan masing-masing Mahasiswa.

Konten Terbuka

Materi belajar yang dapat digunakan bersama-sama dalam proses pembelajaran oleh beberapa Dosen. Diharapkan, dalam jangan panjang, kualitas materi belajar dapat disetarakan dan bisa mengurangi biaya.

Pembelajaran Mobile

Para Mahasiswa dapat mengikuti kuliah online mereka di mana saja dan kapan saja, selama mereka memiliki koneksi Internet. Beberapa materi kuliah bahkan dapat diakses dengan mudah walaupun tidak ada koneksi internet.